Jumat, 30 September 2011



Apa yang dimaksud ALEXA itu...???

Pernah dengar istilah Alexa Rank? Saya yakin sebagian dari Anda sudah sangat mengenal yang namanya Alexa Rank. Google Pagerank dan Alexa Rank selalu menjadi sesuatu yang dikejar-kejar oleh para Blogger atau pun Webmaster. Apa lagi jika blog mereka memang ditujukan untuk menghasilkan uang, Alexa Rank ini sangatlah berpengaruh. Namun bila Anda belum mengenal Apa itu Alexa Rank atau belum paham betul, artikel berikut mungkin akan membantu Anda.

Secara umum, Alexa Rank adalah Ranking Traffic Blog Anda. Semakin banyak traffic, semakin bagus Alexa Rank Blog Anda. Lebih detailnya begini:

“Alexa Rank atau Peringkat Alexa adalah sebuah sistem yang dibuat oleh Alexa.com untuk menyatakan rangking/peringkat suatu situs yang didasarkan pada traffic situs tersebut. Semakin bagus trafficnya, semakin tinggi Peringkat situs tersebut. Alexa Rank mempunyai nilai 1 sampai seterusnya (Sampai berjuta-juta). Semakin kecil nilai Alexa Rank Anda, maka semakin bagus. Ini Berarti Alexa Rank Tertinggi adalah 1, semakin besar nilainya maka semakin turun Rankingnya.”

Lalu seberapa penting Alexa Rank?

Jika situs Anda tidak dibuat untuk tujuan mencari uang, Alexa rank tidaklah penting. Namun jika situs Anda bertujuan sebaliknya, faktor Alexa Rank wajib Anda perhitungkan sama seperti Google Pagerank. Karena banyak situs penghasil uang di internet yang menjadikan Alexa Rank sebagai tolak ukur nilai suatu situs. Contohnya situs Teks Link ads, Sponsored Review, ReviewMe, danask2link.

Selain itu, bagusnya Alexa Rank Anda juga menggambarkan kepopuleran suatu situs. Hal ini akan berakibat banyaknya advertiser yang ingin memasang iklan di situs Anda. Sebuah jalan untuk menghasilkan uang bukan?

Manfaat lainnya tentu berpengaruh pada pengunjung atau pembaca blog Anda. Jika Alexa Rank Anda bagus, tentunya mereka akan lebih antusias dan loyal terhadap blog tersebut. Saya yakin jumlah pembaca akan semakin meningkat dengan meningkatnya Alexa Rank.

Berapa nilai Alexa Rank yang bisa dikatakan Bagus? Menurut saya, Alexa Rank di bawah 100 Ribu sudah cukup bagus. Dari sini, langkah Anda untuk meningkatkan rangking akan lebih mulus.

Cara mengetahui Alexa Rank
Salah satu cara mengetahui Alexa Rank adalah dengan mengunjungi situsAlexa.com, klik tab “site info” , setelah itu pada bagian “site lookup” isikan dengan URL situs Anda. Lalu klik GO. Maka akan tampil data-data yang tercatat oleh Alexa mengenai situs Anda.
Cara lain adalah dengan memasang widget dan toolbar Alexa. Namun cara ini akan saya bahas di artikel selanjutnya. Sekaligus dengan tips-tips untuk meningkatkan ranking Al

> KEGUNAAN ALEXA TOOLBAR
1. Alexa ini membantu dengan memberikan informasi tentang kualitas dan popularitas dari sebuah blog / website.
2. Berguna bagi blog / website yang anda memiliki untuk diterima dalam program make money online.
3. Membantu anda dalam mengetahui posisi jika terdapat kompetisi dan anda bisa mengetahui volume traffic dari blog / website yang anda miliki.

> CARA ALEXA MENGETAHUI JUMLAH TRAFFIC BLOG / WEBSITE
Alexa mengetahui traffic pada blog / website kita bersumber dari toolbar alexayang terpasang pada jutaan komputer pengguna internet yang dipasang pada browsernya. Dengan terpasangnya alexa toolbar pada browser yang kita pakai, maka alexa.com akan mengetahui berapakah jumlah pengunjung serta jumlah halaman yang dilihat pengunjung pada website / blog. Setelah semua data terkumpul maka alexa secara otomatis akan membuat ranking pada blog / website tersebut.

> PENG – UPDATE - AN ALEXA RANK PADA SEBUAH BLOG / WEBSITE
Pihak alexa mengumpulkan catatan dan meng-update informasi dalam kurun waktu 3 bulan. Jadi, setiap 3 bulan sekali kita bisa melihat perubahan nilai alexa rank apakah akan naik atau turun.

> PENTINGNYA ALEXA RANK PADA BLOG / WEBSITE
Jika seseorang membuat blog dengan tujuan untuk mencari uang di internet,
alexa rank sangat penting sekali. Karena lahan pencarian uang di internet seperti Sponsored ReviewReviewMeask2link serta lainnya menjadikan alexa rank sebagai tolak ukur. Semakin bagus alexa rank yang anda miliki, maka semakin banyak pula para pemasang iklan atau adverstiser yang mau memasang iklan di blog / website kita, tentunya ini akan meningkatkan penghasilan tambahan untuk kita untuk meraih dollar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar