Jumat, 30 September 2011





TUGAS PERTEMUAN KEDUA

Apa itu Affiliate .....????

Pengertian affiliate adalah sebuah sistem kerjasama antara si penerbit iklan dan pemilik iklan dimana jika transaksinya berhasil mendaftar atau membeli produk tersebut.Sebagian orang menyebutkan bahwa affiliate adalah sama dengan referral, yaitu membeli suatu produk dari seorang yang mereferensikannya kepada kita.

Affiliate marketing berdasarkan pemahaman saya hasil membaca dari berbagai sumber dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan pemasaran yang intinya adalah mendatangkan visitor (pengunjung website) oleh seorang affiliate / publisher untuk kepentingan merchant / retailer.Kegiatan Affiliate marketing ini melibatkan 4 pihak yaitu :
1. merchant / retailer : pemilik website atau produk yang membayar jasa seorang affiliate
2. network : tempat bertemunya affiliate dan merchant, network juga mendapatkan komisi dari merchant. Contoh paling gampang dari network adalah google adsense dan clickbank.
3. affiliate / publisher : orang yang bertugas mendatangkan visitor / pengunjung / calon customer ke situs merchant.
4. customer / visitor : ini tentunya orang yang diarahkan menuju situs merchant oleh affiliateBagaimana seorang affiliate dibayar tergantung kesepakatan awal seperti sampai sejauh mana kegiatan yang dilakukan pengunjung situs terhadap situs merchant. Berikut merupakan tipe affiliate marketing :
1. Pay Per Click (PPC) : seorang merchant akan membayar seorang affiliate per pengunjung situs yang didatangkan, tanpa keharusan pengunjung situs melakukan sesuatu (misalnya : pembelian). Ini salah satu cara paling mudah bagi merchant karena hanya cukup sampai mendatangkan pengunjung unik (unique visitor)
2. Pay Per Performance (PPP) : seorang merchant wajib membayar seorang affiliate per pengunjung yang melakukan kegiatan tertentu sesuai yang telah disepakati, tentunya komisi yang dibayarkan lebih besar dari PPC. 2 macam PPP  yaitu :
o    Pay Per Sales (PPS) : sesuai namanya, merchant akan membayar seorang affiliate jika pengunjung yang didatangkan membeli sesuatu dari situs merchant.
o    Pay Per Lead (PPL) : merchant akan membayar affiliate jika pengunjung melakukan sesuatu seperti mengisi form, mendaftar , dll.
Kegiatan affiliate marketing berdasarkan network :
1. Single-Tier, Two-Tier, and Multi-Tier Affiliate Marketing : ini seperti sistem MLM dimana affiliate akan mendapatkan komisi tambahan dari affiliate lain yang direkomendasikannya / affiliate dibawahnya.
2. Residual Income Affiliate Marketing : affiliate yang sangat baik dilakukan karena jika pengunjung melakukan pembelian kedua dan seterusnya, affiliate juga akan tetap dibayar sesuai pembelian yang dilakukan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar