TUGAS
PERTEMUAN KEDUA
5.
Apa itu PPC...???
PPC...???
apa y ppc itu....cari tau yuk,,,baca yak....
(PPC)
adalah sebuah bisnis besar. Dalam kenyataannya PPC ini adalah cara awal Google
dalam menghasilkan uang, bisa dikatakan hampir semua adalah pendapatan Google,
98 persen berasal dari PPC, PPC juga sumber pendapatan terpenting bagi Yahoo!.
PPC telah mengubah model periklanan massa menjadi sebuah bisnis kecil. Sebuah
bisnis yang tidak perlu mengeluarkan uang untuk radio, TV, atau koran, saat ini
mereka membelanjakan uangnya ke PPC dan setiap saat tetap menghasilkan
keuntungan!
Setiap
waktu? Pada faktanya adalah PPC tidak selalu berhasil untuk semua orang,
seperti yang akan anda pahami dalam tulisan ini. Perlu adanya ketepatan
kombinasi atas keuntungan kotor per penjualan, harga PPC dan rasio konversi
website. Jika penggabungannya tidak tepat dan banyak bisnis yang tidak dapat
mengkombinasi dengan tepat – PPC hanya akan menghabiskan keuangan kita.
Usahakan semuanya berada dalam batasan dan pemikiran yang tepat, PPC akan
mendatangkan keuntungan bisnis yang dapat diprediksi arus pendapatannya.
Pengertian
Pay Per Click (PPC)
Pay Per Click menunjukan sebuah mekanisme periklanan yang dimana pemasang iklan membayar setiap seseorang mengklik iklan tersebut. Khususnya, saat ini PPC lebih mengarah pada tampilan iklan dalam halaman hasil pencarian mesin pencari.
Pay Per Click menunjukan sebuah mekanisme periklanan yang dimana pemasang iklan membayar setiap seseorang mengklik iklan tersebut. Khususnya, saat ini PPC lebih mengarah pada tampilan iklan dalam halaman hasil pencarian mesin pencari.
Setiap
seseorang mengklik satu dari iklan ini, pemasang iklan akan dikenai ongkos dari
iklan tersebut. Berapa banyak? Mulai dari 5 sen (di Google) atau 10 sen (di
Yahoo!) sampai beberapa dolar. Beberapa iklan PPC bernilai $50 per click,
terkadang bahkan lebih!
Karena
sistem PPC yang besar/raksasa biasanya “mengisi/feed” ke berbagai jenis
website, ketika akan membeli iklan melalui sebuah sistem seperti Google atau
Yahoo! Search Marketing Solution, iklan anda mungkin mengakhiri dalam beberapa
situs pencari yang berbeda. Tapi mungkin juga iklan yang anda punya
didistribusikan di tempat lain, seperti dalam halaman dari seratus websites
yang berbeda, terimakasih untuk program distribusi kumpulblogger.
Keuntungan
beriklan dengan PPC:
1. PPC
sangat cepat. Hasil dapat dilihat di search engine dalam satu atau dua hari
(teorinya, hanya perlu beberapa jam, tapi pada beberapa kasus perlu beberapa
saat untuk mencapai ketepatan yang pas).
2. PPC
dapat dipercaya. Menggunakan PPC untuk mendapatkan trafik bagi situs sangat
dapat diandalkan. Anda dapat mendatangkan banyak trafik, dan selalu muncul
untuk setiap pencarian tetap dalam search engine utama, jika Anda membayar
cukup.
3. PPC
mudah pengukurannya. Anda bisa melihatnya dari jumlah trafik yang didapatkan,
dan melihat dari jumlah traffic yang berubah menjadi bisnis.
Sistem
PPC
Ada beberapa sistem PPC, tapi hanya ada tiga terbesar, dan sedikit system pada level dibawahnya/ level dua:
Ada beberapa sistem PPC, tapi hanya ada tiga terbesar, dan sedikit system pada level dibawahnya/ level dua:
- Google
AdWords. Google AdWords bisa dikatakan sebagai sistem PPC yang paling
terkenal (http://www.adwords.google.com/). Sejak Google menjadi
satu-satunya search engine terpenting, sistem ini menampilkan jutaan iklan
PPC setiap harinya.
- Yahoo!
Search Marketing Solution (dulunya Overture). Sistem ini juga besar, dan
menampilkan jutaan iklan setiap harinya (www.overture.com/). Overture
adalah perusahaan yang pertama kali mengeluarkan PPC berbasis search
engine.
- MSN adCentre.
MSNmerupakan online layanan milik Microsoft, sampai dengan pertengahan
tahun 2006 MSN ad Centre mendapatkan materi iklan PPC dari Yahoo!. Saat
ini mereka telah membangun system PPC mereka sendiri dan menghentikan
menggunakan iklan dari Yahoo! Sistem “level dua” meliputi layanan seperti
FindWhat (www.findwhat.com/), LookSmart (www.looksmart.com/), Enhance
(www.enhance.com/), ePilot (www.epilot.com/), Espotting (www.espotting.com),
dan Kanoodle (www.kanoodle.com/).
Yang
lainnya juga ada. Faktanya, ada ratusan sistem PPC tapi mereka kurang berbobot.
Sebagai contoh, ketika Anda menghabiskan banyak waktu untuk mengkonfigurasi
system, nilainya tidak sebanding dengan klik kelas teri yang akan didapat,
karena waktu Anda sangat bernilai – mereka banyak melakukan kucurangan dalam
batasan-batasan ini, (Anda akan mendapatkan sedikit atau sama sekali tidak ada
trafik dari mereka, tetapi diharuskan membayar biaya setup yang tidak dapat dikembalikan.
Intinya, usahakan untuk menghindari sistem PPC yang kecil, dan bergabung dengan
system terbesar atau level duanya.